Rabu, 10 Juli 2013

Kebangkitan Mobil Datsun Sang Legenda

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengundang insan pers dari India, Rusia dan Indonesia termasuk Bisnis untuk melihat langsung proses kebangkitan Mobil Datsun, mobil yang pernah melegenda pada era 1970-an, pada 18-21 Juni 2013 di Jepang. Berikut ini adalah bagian pertama dari dua tulisan yang diambil dari Media Cetak Bisnis Indonesia.

Menelusuri kantor pusat Nissan di Yokohama dan area R&D Nissan di kawasan Atsugi, Jepang, sangatlah megah tetapi cukup melelahkan karene begitu luas. R&D Nissan yang dahulunya digunakan sebagai pangkalan militer, kini dikenal dunia sebagai Nissan "Technical Center" (NTC).

Sumber Bisnis Indonesia, 2 Juli 2013
Banyak persyaratan untuk memasuki area NTC. Selain harus mendaftar, para tamu juga dilarang keras mengabadikan kawasan tersebut melalui foto ataupun video. Seluruh penggunaan kamera, notebook dan telepon genggam diharamkan. Selanjutnya, pengunjung diarahkan ke dalam terowongan khsusu di kawasan perbukitan.

Di areal inilah Nissan akan kembali melahirkan mobil legendaris Datsun dengan konsep yang lebih segar. Mobil ini akan dibangkitkan kembali setelah tidak diproduksi pada 1981.

Datsun akan kembali menyapa penggemarnya terutama di empat kawasan meliputi India, Indonesia, Afrika dan Rusia. Dua model hatchback Datsun dipastikan akan dirilis pada bulan ini dan mulai dipasarkan pada awal 2014 di India dan Indonesia. Adapun jenis sedan kemungkinan akan diperkenalkan di Rusia terlebih dahulu.

Dalama proses kebangkita kedua ini, Datsun menjanjikan sesuatu yang sama sekali baru yakni kendaraan yang lebih tangguh, berdaya tahan tinggi, berteknologi modern, desain yang stylish, irit BBM dan terjangkau oleh first entry buyer.

Di dunia otomotif Indonesia, Datsun memiliki nama harum dan puluhan seri Datsun lawas sudah banyak dikenal para penggemar otomotif bahkan hingga kini pun masih banyak dipakai pembalap retro touring.

Dua Model.
Khusus Indonesia dan India, Datsun terbaru akan dipasarkan dua model yaitu jenis hatchback subkompak 5 pintu dengan dimensi hampir mirip dengan model Nissan March. Di pasar Indonesia, Datsun akan dibuat dimensinya lebih besar dibandingkan dengan mobil yang masuk dalam program mobil murah dan ramah lingkungan (LGGC).

Vincent Cobee, Corporate Vice President Datsun, orang yang paling bertanggung jawab terhadap pengembangan Datsun, menuturkan Datsun terbaru bakal mudah dijangkau baik dari segi harga maupun kemudahan mencari dealer.

"Pada prinsipnya, Datsun bukan mobil murah atau murahan melainkan harga terjangkau dan akan dibanderol dengan harga di bawah Rp 100 juta perunit dan memberikan begitu banyak fitur modern," ujarnya kepada Bisnis.

Cobee menuturkan mesti ada sebagian konsumen menganggap mobil murah itu murahan, kualitas buruk dan minim kelengkapan, Datsu Baru diklaim akan membalikkan anggapan miring itu setelah resmi diluncurkan ke pasar pada awal tahun depan.

Beberapa teknologi yang sudah berada pada Nissan bahkan bakal ikut dipasang dengan kejutan dan kualitas yang tidak perlu diragukan. Meski demikian, kapasitas mesin tetapla kecil yakni 1.200 ataupun 1.300 cc.
Info pariwara : Dengan dijualnya mobil Datsun terbaru di Indonesia, tentu membuat pasar rental mobil Pekanbaru semakin ramai pemilihan mobil sewa bagi konsumen. Kami sebagai pengelola usaha rental mobil Pekanbaru sangat menyambut baik diluncurkannya mobil Datsun Sang Legenda dengan model terbarunya.
Kapasitas mesin memang didesain kecil karena disesuaikan dengan kondisi pasar India dan Indonesia. Terlebih mobil ini akan diproduksi di dua negera tersebut. "Teknologi sekarang harus memakai mesin berkapasitas besar untuk mendapatkan tenaga maksimal. Apalagi, Datsun lebih irit penggunaan BBM." tutur Cobee.

Kendati spesifikasi teknis Datsun hingga kini masih belum terpasang, desain bodi dan kabin yang begitu menarik akan terkesan sporty sudah terpajang di ruangan khusus NTC. Bisnis dan 16 insna media dari mancanegara akhirnya menyaksikan desain bodi tersebut.
Model Mobil Datsun Terbaru sepintas mirip dengan Nissan March
Adapun, dimensi keseluruhan sepintas mirip dengan Nissan March, tetapi dengan overhang sangat kecil untuk mencari stabilitas dan handling yang mumpuni. Sekilas terlihat, roda depan dan belakang sangat menempel dengan bumper. (Sumber Bisnis Indonesia, 2 Juli 2013)